Grand Launching dan Seminar Farmasea


Semarang – Seminar Grand Launching FARMA Sea yang diadakan di FPIK ( Fakultas Perikanan dan Ilmu Perikanan) Universitas Diponegoro, kamis ( 13/3 ). Farma yang berarti obat dan sea yang berarti laut, FARMA Sea adalah sebuah UKM ( Unit Kegiatan Mahasiswa ) yang diharapkan dapat menemukan hal baru di bidang kelautan untuk obat-obatan. UKM ini berdiri 15 Januari 2008. Acara launching FARMA Sea di resmikan oleh Endang Sri Susilo selaku wakil dari Pembantu Dekan 3. Bersamaan dengan acara launching juga diadakan seminar sehari dengan tema “ Perkembangan Marine Pharmacology Berbasis Potensi Sumbar Daya Laut ”, dengan pembicara Ambariyanto dengan judul seminar “ Perkembangan Bioteknologi Kelautan di Indonesia ” dan Ocky Karna Radjasa dengan judul “ Drug from sea : Myth or reality ”.

Seiring dengan modernisasi di berbagai bidang, maka dunia kelautan juga mengalami perkembangan teknologi, meskipun tidak semaju bioteknologi kedokteran, bioteknologi makanan, dan bioteknologi pertanian. Hal ini dikarenakan sulitnya mendapat sampel dari laut, proses pengambilan sampel yang lebih berbahaya dibanding dengan pengambilan sampel dari darat. Serlain itu, belum begitu banyak diketahui serta tidak begitu banyak ahli taksonomi maupun etnobiologi organisme laut. Faktor lain yaitu ketidaktersedianya organisme laut secara melimpah.

Laut Indonesia sangat luas dan memiliki keanekaragaman sumber daya yang tinggi. Banyak produk laut yang dapat digunakan sebagai obat, bahan makanan, zat pewarna., vitaminarginine, proline, dan aspartic acid. Bugula neritina untuk anti kanker, Theonella sp untuk antileukemia, dan Mycale sp untuk antitumor.

Drug from sea : Myth or reality yang berarti obat dari laut : mitos atau realita yang memaparkan tentang biota – biota laut yang berpotensi untuk obat-obatan. Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia dikaruniai oleh kekayaan sumber daya laut yang potensial. Salah satunya adalah ekosistem terumbu karang, yang merupakan kurang lebih dari total terumbu karang dunia. Dari tahun 1969-1999 ada sekitar 300 paten telah dikeluarkan yang berkaitan dengan bioaktif dari produk alam laut. Beberapa senyawa bioaktif telah telah dilaporkan berhasil diisolasi dari hewan invertebrata terumbu karang dan menunjukkan potensi menjanjikan dalam pengembangan obat dari laut dalam bidang biofarmasi kelautan. Indonesia menyimpan potensi mikroorganisme non-culturable yang sangat potensial untuk dikembangkan dalam rangka mencari drugs from sea yang bisa dimanfaatkan demi kepentingan nasional dan masyarakat banyak.

One response to “Grand Launching dan Seminar Farmasea

  1. mari kita manfaatkan potesni obat dari laut

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s