Potensi Obat Laut


Oleh : Anton Timur Jaelani, Arif Hidayat UPK FARMASea

Organisme laut adalah reservoir utama dari produk alami bioaktif dengan aplikasi biomedis potensial dan beberapa produk alam laut yang dianggap sebagai agen terapi yang potensial untuk pengobatan penyakit beberapa kategori. Banyak produk-produk alami bioaktif laut dan turunannya dihasilkan oleh invertebrata, seperti spons, karang lunak, tunicates, moluska atau Bryozoa, dan dievaluasi advancedly dalam uji praklinis dan bahkan klinis. Selain itu, dari tahun 2005 sampai 2007, dua dari 13 produk alami dan produk-produk obat yang diturunkan dari alam disetujui pemasaran di seluruh dunia ditemukan dari organisme laut. Fakta-fakta menarik kita untuk membayar lebih banyak upaya pada penelitian produk alami bioaktif dari invertebrata laut lainnya.

Farmakologi laut merupakan ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan obat-obatan yang berasal dari laut. Potensi obat dari laut besar karena sebagain besar kehidupan dilaut dapat dimanfaatkan untuk obat-obatan.Farmasi laut merupakan obat-obatan yang dihasilkan dari laut,seperti anticancer, antibakteri dan anti tumor. Potensi ini sangat besar karena kekayaan laut yang dimiliki Indonesia sangatlah besar. Farmasea merupakan UPK Ilmu Kelautan Undip yang bergerak di bidang penelitian Farmasi Laut.
Produk farmasi kelautan memiliki ikatan yang kuat dalam karakteristik metabolisme lemak dan protein. Hal ini jauh berbeda dengan karakteristik yang didapat para ahli dari tetumbuhan dan hewan darat. Organisme laut berevolusi dengan kondisi yang jauh berbeda sehingga cara mereka memproduksi enzim dan protein pun berbeda pula. Secara kimia, enzim dan protein tersebut memiliki karakteristik yang masih perlu didalami secara analiti.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s