Pemanfaatan Daun Ketapang ( Terminalia Catappa L ) Sebagai Bahan Dasar Teh Celup Untuk Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi


Anton Timur Jaelani

anton_timurjaelani@yahoo.com

UPK Farmasea Ilmu Kelautan UNDIP

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi senantiasa meningkat. setiap tahun di Indonesia. Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor resiko untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arterial, dan merupakan penyebab utama gagal jantung kronis yang dapat mengakibatkan kematian ( Anonima dalam Http: //id.wikipedia.org/wiki/tekanan_darah_tinggi). Sejalan dengan bertambahnya usia, hampir setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah, tekanan sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat sampai usia 55-60 tahun, kemudian berkurang secara perlahan atau bahkan menurun drastis.

Berdasarkan permasalahan diatas maka pertu dicari obat alternatif yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi dengan cepat dan efektif. Berbagai penelitian telah dilakukan dalam rangka penemuan obat tersebut. Salah satu bahan alternatif yang dapat digunakan untuk penurun tekanan darah tinggi adalah daun ketapang (Terminalia Catappa L ). Daun ketapang juga mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat dan sebagai antioksidan.

Daun Terminalia telah banyak digunakan sebagai obat di berbagai negara. Di Indonesia daun Terminalia digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi, diarre. Di Suriname digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi.Di Thailand digunakan sebagai obat diare dan desentri. Persebaran ketapang di daerah tropisdan subtropis. T. catappa terdistribusi secara luas di Indonesia, tersebar dari Sumatera sampai Papua. Terminalia dapat tumbuh pada dataran rendah sampai darataran tinggi, hutan pantai, hutan rawa dan aliran sungai (Whitemore et .al ., 1997 dalam Wardani et al., 2006 ). T catappa terutama di tanam di daerah pantai untuk perlindungan (Thomson dan Evans, 2006 ).

Metode pengobatan yang digunakan dalam pengobatan hipertensi yaitu dengan memanfaatkan daun Terminalia catappa sebagai bahan dasar pembuatan teh celup. Hal ini disesuaikan dengan kebiasaaan Masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi Tea. Oleh sebab itu akan lebih mudah di dalam pengobatan dan lebih praktis.

4 responses to “Pemanfaatan Daun Ketapang ( Terminalia Catappa L ) Sebagai Bahan Dasar Teh Celup Untuk Obat Penurun Tekanan Darah Tinggi

  1. hotman rodapacu

    apa sudah ada yg buat/jual dalam bentuk kapsul pak Anton?

  2. dalam bentuk produk yang dipasarkan blm,saya masih meneliti,,kalau bapak minat,,bapak bisa bekerja sama dengan saya.
    kalau boleh tahu pekerjaan bapak apa?

  3. Terimakasih atas apresiasinya,..
    Bisa menghubungi sdr. Anton Timur di alamat email anton_tj87@yahoo.co.id

  4. Bisa pak…
    Silahkan hubungi sdr. Anton Timur di alamat email anton_tj87@yahoo.co.id
    Terimakasih,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s