Aktivitas Antibakteri dari Bakteri Simbion Karang Lunak Nepthea sp. Terhadap Bakteri MDR Enterobacter sp. dan Staphylococcus aureus.


Budi Dwi Nur Iman. K2D 006 026. Aktivitas Antibakteri dari Bakteri Simbion Karang Lunak Nepthea sp. Terhadap Bakteri MDR Enterobacter sp. dan Staphylococcus aureus (Ocky Karna Radjasa dan Sulistyani).

Pemanfaatan antibiotik yang tidak tepat secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan resistensi dari bakteri patogen yang berkembang menjadi strain Multi Drug Resistant (MDR). Karang lunak menghasilkan metabolit sekunder yang dapat menghambat dan atau membunuh bakteri pathogen. Dilaporkan bahwa mikroorganisme simbiotik menghasilkan senyawa bioaktif yang mirip dengan inangnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi bakteri yang bersimbiosis dengan karang lunak Nepthea sp. yang dapat menghambat aktivitas bakteri MDR Staphylococcus aureus dan Enterobacter sp. secara molekuler berbasis PCR 16S rDNA. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai Desember 2009. Koleksi sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposif di Perairan Tanjung Gelam, Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Sampel disimpan sementara di dalam cool box. Sebelum dilakukan isolasi, sampel dibersihkan dengan menyemprotkan air laut steril di permukaan sampel. Hal ini bertujuan untuk membersihkan mikroorganisme yang menempel pada sampel, sehingga yang diperoleh hanya bakteri simbion dari Nepthea sp.. Isolasi dilakukan dengan metode spread (sebaran) dan uji aktivitas antibakteri dilakukan dengan metode difusi agar yang dilakukan di Labolatorium Terpadu Ilmu Kelautan UNDIP, Semarang. Identifikasi molekuler dilakukan dengan metode PCR 16S rDNA di Labolatorium Bioteknologi Fakultas Pertanian UGM, Yogyakarta. Sekuensing DNA dilakukan di Labolatorium Bioteknologi UIN, Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimental laboratoris. Hasil dari penelitian memperlihatkan ada 22 isolat bakteri yang bersimbiosis dengan karang lunak Nepthea sp. dan hanya satu bakteri yang memiliki aktivitas antibakteri terhadap bakteri MDR Enterobacter sp. dan Staphylococcus aureus. Hasil identifikasi molekuler menunjukkan bahwa bakteri isolat dengan kode SC2TGZ8 memiiki homologi dengan bakteri Bacillus flexus dengan nilai homologi sebesar 99%.

Kata kunci : MDR, Nepthea sp., Antibakteri, Enterobacter sp., Staphylococcus aureus, PCR 16S rDNA.

reff:

Budidwinuriman@yahoo.co.id

Farmasea Ilmu kelautan Undip

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s