Bakteri


Bakteri, dari kata Latin bacterium (jamak, bacteria), adalah kelompok besar Prokariota , selain Archaea  yang berukuran sangat kecil serta memiliki peran besar dalam kehidupan di bumi.

Seperti prokariota (organisme yang tidak memiliki membran inti) pada umumnya, semua bakteri memiliki struktur sel yang relatif sederhana. Struktur bakteri yang paling penting adalah dinding sel. Bakteri dapat digolongkan menjadi dua kelompok yaitu Gram positif dan Gram negatif didasarkan pada perbedaan struktur dinding sel. Bakteri Gram positif memiliki dinding sel yang tersusun dari lapisan peptidoglikan yang tebal dan asam teikoat. Sementara bakteri Gram negatif memiliki lapisan luar dari lipopolisakarida: terdiri dari membran dan lapisan peptidoglikan yang tipis dan terletak pada periplasma (di antara lapisan luar dan membran sitoplasma).

Di dalam ilmu mikrobiologi, untuk dapat menelaah bakteri khusunya dalam skala laboratorium, maaa terlebih dahulu kita harus dapat menumbuhkan mereka dalam suatu biakan yang mana di dalamnya terdapt bakteri yang kita butuhkan tersebut tanpa adanya kontaminasi dari mikroba lain. Biakan yang semacam ini biasanya dikenal dengan biakan murni.

Ada beberapa macam metode yang digunakan untuk memperoleh biakan murni dari suatu sampel tertentu. Yaitu antara lain metode cawan gores dan metode cawan tuang (Kretiawan. No publication).

Menurut Darkuni (2001) Pertumbuhan bakteri pada umumnya akan dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Pengaruh faktor lingkungan ini memberikan gambaran yang memperlihatkan jumlah sel yang berbeda pada akhirnya memberikan gambaran pulan terhadap kurva pertumbuhannya. Kebutuhan – kebutuhan tersebut dipenuhi dari merdia perttumbuhan yang kita gunakan dan pengkondisian pada saat inkubasi.

Di dalam media, Wildanarni et al. (2007) menyatakan bahwa  bakteri dapat hidup karena dapat menyerap carian tercerna ekstraseluler dari bahan organik yang ada disekitarnya, pencernaan bahan porganik tersebut dilakukan melalui dinding sel masuk ke membran sitoplasma yang bersifat permeable selektif.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s