Bahan Alami Laut yang Berpotensi Melawan Kanker


Kanker dianggap sebagai salah satu penyakit paling mematikan di bidang medis. Selain dari terapi pencegahan, sangatlah penting untuk menemukan tindakan kuratif untuk mengobati kanker. Selama beberapa dekade terakhir, telah ada kemajuan dalam bidang pengetahuan dan ada banyak senyawa antitumor tersedia di pasar, yang hidup dari alam maupun sintetik asal.

Kemoterapi bahan obat dari laut dikenal dengan baik saat ini dan pembangunan mendalam oleh peneliti untuk mempelajari aplikasi molekuler dari penyakit tumor. Lingkungan laut  masih kurang dieksplorasi untuk produksi senyawa antitumor yang aman. Alasannya adalah sejumlah kekurangan pengetahuan di bidang ini. Dibawah ini adalah ulasan dari Barthagan dan Kim (2010) tentang  status berdasarkan riset antitumor inhibitor dari laut. Kekurangan dan terbatasnya strategi yang mungkin dalam arena penemuan obat antitumor dari laut adalah hambatan utama dalam mengggali eksplorasi bahan hayati laut tersebut.

Laut telah menjadi sumber besar senyawa alami meliputi berbagai dari bioaktivitas seperti zat photoprotective, antihelmintic, antibakteri, antikoagulan, anti jamur, anti-inflamasi, antimalaria, antiprotozoal, antituberkulosis, antivirus dan lain-lain. Selama dua dekade terakhir, farmasi laut telah menjadi lapangan berkembang di arena pengembangan obat antitumor. Organisme laut termasuk spons, spons-mikroba asosiasi simbiotik, gorgonia, aktinomisetes, dan karang lunak, telah secara luas dieksplorasi untuk agen potensial antikanker.

Struktur kimia dari beberapa senyawa antitumor yang berasal dari laut. (klik pada gambar untuk lebih jelasnya)

Reff:

Bhatnagar I. and S. K.  Kim. 2010.  Marine Antitumor Drugs: Status, Shortfalls and Strategies. Marine drugs. 8: 2702-2720.

2 responses to “Bahan Alami Laut yang Berpotensi Melawan Kanker

  1. kira-kira apa aja bahan alami laut itu ya??
    bikin strukuturnya bisa langsung pekai Cambridgesoft ta??

  2. bahan alami laut disini berarti bahan alami yang berasal dari biota laut,. butuh penelitian lebih lanjut untuk mngetahui struktur dari bahan alami tersebut beserta fungsinya terimakasih,..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s