Fucans dari Ganggang Laut


Fucan adalah istilah yang digunakan untuk menamai salah satu bagian dari  polisakarida sulfat sulfat-fucose-L. Para peneliti menemukan fucan dari ganggang laut Canistrocarpus cervicornis dari pemisahan proteolitik diikuti oleh pengendapan aseton berurutan. Heterofucans ini terdiri dari bagian utama yaitu fucose, asam glukuronat, galaktosa dan sulfat.

Makroalga memiliki kandungan  sejumlah besar polisakarida pada bagian dinding selnya. Sejauh ini produk yang dimanfaatkan yaitu karaginan, alginat dan agar, secara luas digunakan oleh industri makanan dan kosmetik. Selanjutnya, metabolit lain, seperti asam lemak, steroid, karotenoid, lektin, asam amino mycosporine seperti, senyawa terhalogenasi, poliketida, dan racun, serta polisakarida sulfat lainnya, membuat organisme ganggang ini bisa dijadikan sebuah produk ekonomis yang sngat penting dan fokus didunia biomedis.

Struktur fucans bervariasi menurut spesies alga. Meskipun sejumlah besar pengetahuan yang ada mencoba untuk menentukan struktur halus dari fucans, hanya beberapa contoh keteraturan ditemukan. Keterkaitan, bercabang, posisi sulfat dan komposisi monosakarida berbeda secara signifikan, dan hubungan antara struktur dan aktivitas biologis belum ditetapkan. Oleh karena itu, setiap polisakarida tersulfatasi yang baru dimurnikan dari rumput laut coklat adalah senyawa baru dengan struktur yang unik dan berpotensi melakukan aktivitas bioligi.

Literatur yang ada sekarang, keragaman besar kegiatan biomedis yang berhubungan dengan fucans adalah seperti antitrombotik, antivirus, antitumoral, imunomodulator, hipolipidemik antioksidan, anticomplementary, dan. Bahan alami laut ini  juga mencegah hepatopathy, renalpathy, dan uropati. Khususnya, aktivitas antikoagulan adalah yang paling banyak dipelajari. antikoagulan adalah suatu zat yang mencegah pembekuan, yaitu berhenti darah dari pembekuan. Sekelompok obat-obatan yang disebut antikoagulan dapat digunakan secara in vivo sebagai obat untuk gangguan trombotik.

Beberapa artikel menunjukkan adanya polisakarida sulfat bioaktif diekstraksi dari sejumlah alga. Ada sejumlah besar literatur yang menyatakan bahwa  aktivitas antikoagulan dari fucans yang diekstrak dari ganggang coklat. Penelitian dari Camara et al., (2011)  memperoleh-polisakarida kaya ekstrak dari C. cervicornis yang diperlihatkan pada aktivitas antikoagulan dan antioksidan . Camara et al., (2011) juga  mengevaluasi bioaktivitas polisakarida sulfat dari rumput laut ini, karena penggunaan sumber daya alam yang kaya ini tampaknya penting untuk menghasilkan obat alternatif dalam industri biomedis.

Reff:

Costa, L.S.  G.P. Fidelis,  Cordeiro, R.M. Oliveira,  Sabry, R.B.G. Câmara, L.T.D.B. Nobre, M.S.S.P. Costa, J. Almeida-Lima, E.H.C. Farias, E.L.; Leite, H.A.O. Rocha, 2010. Biological activities of sulfated polysaccharides from tropical seaweeds. Biomed. Pharmacother., 64, 21–28.

Holtkamp, A.D. S. Kelly, R. Ulber and  S. Lang. 2009. Fucoidans and fucoidanases—focus on techniques for molecular structure elucidation and modification of marine polysaccharides. Appl. Microbiol. Biotechnol., 82, 1–11.

Li, B.; F. Lu, X. Wei, R Zhao. Fucoidan. 2008: Structure and bioactivity. Molecules, 13, 1671–1695.

Camara R. B. G., L. S. Costa, G. P. Fidelis , L. T. D. B Nobre , N Dantas-Santos 1, S. L. Cordeiro , M. S. S. P. Costa , L. G. Alves  and H. A. O. Rocha. 2011. Heterofucans from the Brown Seaweed Canistrocarpus cervicornis with Anticoagulant and Antioxidant Activities.  Marine Drugs.  9, 124-138

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s