Raja Obat dari Laut


Sponge dapat memberikan obat potensial terhadap penyakit paling banyak di seluruh dunia. Sejauh ini tidak sepenuhnya dipahami mengapa, kapan, dimana dan bagaimana metabolit ini diproduksi dalam sponge. Sponge laut adalah ‘tambang emas’ sehubungan dengan keragaman metabolit sekunder yang telah didokumentasikan selama lima puluh tahun terakhir.

Sponge dapat memberikan obat potensial terhadap penyakit seluruh dunia. Dari 18.000 produk alami laut dijelaskan, lebih dari 30% berasal dari sponge dan dari pendaftaran produk paten antitumor alami dalam beberapa tahun terakhir lebih dari 75% berasal darisponge.

Dysidea avara, Aplysina aerophoba, Haliclona oculata (Koopmans et al., 2009).

Sponge (filum Porifera) tampaknya sangat stabil, hewan berumur panjang, dengan tingkat pertumbuhan yang bervariasi sangat besar antara kelompok-kelompok yang berbeda. Mereka adalah invertebrata multi-selular melakukan proses makan dengan filter feeder. Banyak sponge memiliki simbiosis dengan mikro-organisme. Simbion termasuk archaea, bakteri, jamur, cyanobacteria, dan mikroalga. fotosintesis dengan biota simbion memberikan nutrisi fotosintetik kepada sponge, yang mereka tidak dapat diperoleh dari proses filter feeder. Untuk pengembangan metode produksi berkelanjutan dari metabolit bioaktif sponge, diperlukan pengetahuan tentang biologi dan kebutuhan sponge di alam untuk pertumbuhan maupun metabolit produksi. Telah ada banyak perhatian pada penemuan metabolit bioaktif baru. Untuk mengembangkan metabolit bioaktif menjadi obat mereka perlu diuji dalam uji klinis, untuk sejumlah besar senyawa yang diperlukan. Konsentrasi senyawa bioaktif di jaringan sponge bisa sangat rendah. Sebagai contoh, Lissodendorix sp. mengandung konsentrasi dari sekitar 400 mg / kg Halichondrin B. Hal ini menunjukkan bahwa kebutuhan untuk metode produksi yang berkelanjutan dari sponge sangat penting. Untuk mengembangkan teknik produksi yang berkelanjutan itu harus diketahui apakah sponge atau simbion atau keduanya melakukan produksi senyawa bioaktif ataukah dalam hal ini sponge sebagai produser.

Karena konsentrasi rendah dari bahan alami di dalam sponge maka jumlah biomassa sponge yang dibutuhkan akan sangat tinggi. Untuk dapat meningkatkan produksi sponge, pengetahuan yang lebih dibutuhkan pada jalur biosintesis dan regulasi, yang meliputi faktor yang mendorong produksi metabolit.

Reff:

Koopmans M., D. Martens, and Rene H. Wijffels. 2009. Towards Commercial Production of Sponge Medicines. Mar. Drugs, 7: 787-802.

Faulkner, D.J. Marine natural products. Nat. Prod. Rep. 2002: 19, 1–48. Sipkema, D.; Franssen, M.C.R.; Osinga, R.; Tramper, J.; Wijffels, R.H. 2005. Marine sponges as pharmacy. Mar. Biotechnol. 7: 142–162.

Dumdei, E.J.; Blunt, J.W.; Munro, M.H.G.; Battershill, C.N.; Page, M.J. 1998. The Whys and Whats of Sponge Chemistry: Why Chemists Extract Sponges and What Problems Does This Cause? Watanabe, Y., Fusetani, N., Eds.; Springer-Verlag: Tokyo, Japan, pp. 353–364.

Sipkema, D.; Osinga, R.; Schatton, W.; Mendola, D.; Tramper, J.; Wijffels, R.H. 2005,. Large-scale production of pharmaceuticals by marine sponges: Sea, cell, or synthesis? Biotechnol. Bioeng. 90, 201–222.

Hoover, C.A.; Slattery, M.; Marsh, A.G. A functional approach to transcriptome profiling: Linking gene expression patterns to metabolites that matter. 2007. Mar. Biotechnol. 9: 411–419.

Munro, M.H.G.; Blunt, J.W.; Lake, R.J.; Litaudon, M.; Battershill, C.N.; Page, M.J. 1994. From Seabed to Sickbed: What are the prospects? In Sponges in Time and Space: Biology, Chemistry,Paleontology; Soest, R.V.M.; van Kempen, T.M.G., Braekman, J.C., Eds.; Balkema: Rotterdam,The Netherland, pp. 473–484.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s