Misteri Rumput Laut Yang Belum Terpecahkan


rumput-lautSebagai negara yang terletak diantara dua benua sekaligus sebagai negara maritim, Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sungguh tak ternilai harganya. Salah satunya adalah ekosistem rumput laut (seaweed).

Tumbuhan laut yang sering digunakan sebagai pelengkap es buah itu memang sangat mudah dijumpai dipasaran. Meski sudah banyak peneliti yang menguak kandungan dan manfaat rumput laut, ternyata hingga saat ini ada yang belum  terpecahkan. Yakni kandungan rumput laut yang membuat hewan mencit (sejenis tikus-red) selalu bersifat “hyperaktif”.

Hal itu disampaikan oleh Dr. Ir. Delianis Pringgenies, M.Sc pada sebuah perkuliahan dengan mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan Undip belum lama ini. Bu Del (sapaan akrab bu Delianis-red) mengatakan hal demikian mengenai perilaku mencit yang hyperaktif. Bahkan pada waktu yang seharusnya digunakan untuk tidur, hewan ini justru terus bergerak jika diberi makan rumput laut.

Beliau mengatakan, sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa memecahkan pengaruh dari kandungan rumput laut yang membuat mencit bergerak di dalam aktivitasnya hingga diluar batas. (AK93)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s